Saya adalah Agen Perubahan

Menuliskan ini seperti memulai tanggung jawab baru. Tidak lagi hanya merencanakan, tidak lagi menentukan langkah awal, namun menjalaninya. Mengupayakan untuk terus berkembang dan berubah dengan tujuan yang lebih luas.

Selama mengikuti program matrikulasi IIP ini peserta di ajak untuk disiplin terhadap diri sendiri dan terlebih dahulu. Bagaimana menentukan pembelajaran dimulai untuk diri sendiri, sebelum nantinya akan diterapkan dalam rumah tangga, dalam masyarakat sekitar dan dalam cakupan yang lebih meluas.

Setelah step by step nya telah dilewati, untuk menjadi agen perubahan kita akan melihat dari beberapa sudut pandang, dimulai dari ;

PASSION + EMPHATY = SOCIAL VENTURE

Social Venture adalah suatu usaha yang didirikan oleh seorang social enterpreneur baik secara individu maupun organisasi yang bertujuan untuk memberikan solusi sistemik untuk mencapai tujuan sosial yang berkelanjutan.

Sedangkan social enterpreneur adalah orang yang menyelesaikan isu sosial di sekitarnya menggunakan kemampuan enterpreneur.

Dimulai dari menemukan rasa emphaty terhadap sebuah permasalahan yang dapat kita temukan serta menemukan solusi yang dicapai dengan passion dan memerdekakan nasib sendiri.

Tanpa menunggu bantuan orang lain, maka individu tersebut akan bisa memulai dari dirinya sendiri terlebih dulu.

Sejatinya, banyak sekali langkah yang bisa diambil, namun apabila tidak dijalankan dengan fokus maka hasilnya tidak akan maksimal.

Melihat atmosfer disekitar tempat tinggal dan tempat beraktifitas, juga menjadi salah satu poin penting yang perlu diperhatikan dalam meneruskan langkah untuk berproduktif. Dari situlah area yang bisa dijadikan bahan rasa emphaty. Berangkat dengan rasa emphaty, kemudian merumuskan bagaimana diri akan belajar mengupgrade diri serta menghasilkan output yang nantinya akan memiliki andil dalam kehidupan.

Prosesnya memang akan sangat panjang, namun jika tidak dimulai maka tidak akan ada hasil yang selama ini telah diharapkan.

Di bawah ini adalah pemetaan dari social venture yang berangkat dari rasa emphaty yang nantinya ingin sekali saya wujudkan satu persatu. Dimulai dari diri sendiri.

Bismillahirrahmanirrahiim..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s