Mengenali Diri Lebih Dalam

Bismillahirrahmanirrahiim…

Mendapat NHW#7 membuat saya ingin cepat-cepat menuntaskan, karena diawali dengan kegiatan talents mapping. Sebetulnya, ini bukan kali pertama bagi saya mengikuti tes bakat, banyak sekali jenis tes online yang pernah saya coba. Hasilnya pun, hampir semua berkaitan dan mirip-mirip. Kali ini, tes melalui situs http://www.temubakat.com dengan hasil sebagai berikut

talents

Dapat dilihat dari tes tersebut, kekuatan yang saya miliki ada pada :

  1. Ambassador : aktifitas yang berkaitan dengan komunikasi, membentuk jaringan, mengenali lebih dalam kepada sebuah lingkaran pertemanan. Bakat ini masuk sebagai Interpersonal Relating yang berkaitan untuk membangun hubungan baik dengan bekerja sama.
  2. Arranger : aktifitas ini berkaitan dengan pembagian tugas, termasuk ke dalam bakat Interpersonal Influencing. Kemampuan ini tepat digunakan untuk mengatur pendelegasian tugas kepada orang-orang yang dianggapnya mampu untuk mengatasi tugas tersebut.
  3. Caretaker : menaruh perhatian atau merawat orang yang memiliki masalah fisik, mental, medis atau kesejahteraan umum. Bakat ini termasuk kelompok rasa Interpersonal Serving. Terkait dengan melayani atau merawat orang.
  4. Educator : mengajar, menyampaikan, melatih ilmu dan atau ketrampilan agar bisa dipahami oleh orang lain. Bakat ini termasuk kelompok rasa Interpersona Relating. Berkaitan dengan kerjasama orang. Sifatnya selalu ingin memajukan orang lain dan senang melihat kemajuan orang. Bakat ini biasanya dibutuhkan untuk seorang guru, manager, pelatih, mentor dlsb.
  5. Strategyst : memilih atau merencanakan jalan terbaik untuk menuju tujuan. Bakat ini terkait kelompok rasa Individual Generating Idea. Berkaitan dengan otak kanan atas.

Sementara kelemahan saya lebih banyak 1 poin, dengan total 7 poin dibandingkan dengan kekuatan.

  1. Commander : mengatur dan mengawasi orang dalam melakukan tugas dengan cara yang keras. Bakat ini termasuk ke dalam kelompok rasa Interpersonal Influencing untuk mempengaruhi orang.
  2. Communicator : aktifitas ini berkaitan dengan menyampaikan informasi secara lisan dengan cara yang mudah dimengerti. Bakat ini termasuk kelompok rasa Interpersonal Relating yang terkait dengan kerjasama. Mereka yang memiliki bakat ini senang mengkomunikasikan sesuatu yang sederhana menjadi menarik.
  3. Distributor : aktifitas seperti mengirim barang, surat, dll dalam waktu yang hampir bersamaan ke tempat atau daerah tertentu. Bakat ini termasuk ke dalam kelompok rasa Individual Striving. 
  4. Marketer : aktifitas yang dilakukan dengan memperagakan produk melalui iklan, brosur, demo dll agar orang lain tertarik untuk membeli. Bakat ini masuk pada kelompok rasa Generating Idea.
  5. Producer : aktifitas memproduksi, membangun mesin atau bangunan. Termasuk ke dalam kelompok rasa Individual Striving.
  6. Safekeeper : aktifitas menjaga keselamatan dan keamanan dari bahaya dan kejahatan. Bakat ini masuk ke dalam kelompok Individual Striving di luar ruangan.
  7. Treasury : aktifitas menata keuangan dengan sangat rapih dan tanpa kesalahan. Bakat ini masuk ke dalam kelompok Individual Cognitive.

Strength Cluster (%) yang saya miliki adalah sebagai berikut :

  1. Generating Idea (33%) membangun ide dan mengandalkan intuitif
  2. Networking (33%) membangun  jaringan dan bekerja sama dengan orang
  3. Servicing (17%) melayani orang
  4. Headman (17%) mempengaruhi orang

Nobody is perfect. Pun dengan saya. Setelah mengikuti tes talents mapping ini, saya lebih mengerti bagaimana kiranya saya menguatkan diri dengan potensi kekuatan yang ada. Untuk kembali menjalani aktifitas sebagai seorang single dan nantinya yang ingin terus saya pupuk serta pelajari adalah ilmu untuk membersamai anak-anak serta suami.

Tes ini sangat berguna bagi saya untuk memetakan seperti apa nantinya, fokus saya sebagai profesi ibu rumah tangga secara penuh dan mencari pendapatan dari dalam rumah. Dengan kekuatan yang telah dijabarkan pada talents mapping diatas, saya ingin membuat perencanaan-perencanaan yang bisa saya atur untuk terus mengupayakan dan mengupgrade ilmu apa saja yang akan saya gunakan untuk menguatkan eksistensi diri.

Dari strength typologi dapat digunakan untuk menyusun kuadran-kuadran yang membuat semakin mengenali diri, berikut kuadrannya :

Kuadran 1 : Aktivitas yang anda SUKA dan anda BISA

Menulis, mengajar anak, memasak, membuat sesuatu yang berbau diy dan mendesain.

Kuadran 2 : Aktivitas yang anda SUKA tetapi anda TIDAK BISA

Merutinkan berolahraga

Kuadran 3 : Aktivitas yang anda TIDAK SUKA tetapi anda BISA
Mencuci baju, menyetrika

Kuadran 4 : Aktivitas yang anda TIDAK SUKA dan anda TIDAK BISA

Membuat dan menyusun perencanaan keuangan.

Mengenali diri akan selalu mempertanyakan apakah kita mampu mengenali diri untuk melihat jauh ke dalam diri. Membutuhkan sejenak waktu untuk melihat dan menemukan potensi terbaik diri dan hal positif apa yang mampu kita lakukan dari itu semua?

Jawabannya hanya ada dengan terus berusaha untuk semakin mengenal, mengoreksi dan memperbaiki diri 🙂

Advertisements

2 thoughts on “Mengenali Diri Lebih Dalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s