Desain Hidup

Bismillahirrahmanirrahim

Alvin_NHW#4

Dalam nhw kali ini, isinya akan lebih banyak menjawab pertanyaan-pertanyaan yang membutuhkan perenungan maksimal serta kontemplasi berhari-hari dan akhirnya berujung mendekati deadline. Saya tidak ingin, pengerjaan NHW ini hanya pemenuhan tugas semata. Semoga Allah kuatkan menjalankannya.
a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?
Saya kembali mendalami dan membaca ulang kalimat demi kalimat yang saya tulis dalam NHW#1 dan sampai hari ini, jurusan ilmu yang saya pilih di Universitas Kehidupan tetap bertahan pada ilmu parenting serta satu lagi fokus yang ingin saya ambil adalah mempelajari ilmu seputar pernikahan. Meskipun belum bisa melaluinya dengan praktik secara langsung, dalam proses belajar ini saya ingin terus mendalami sehingga ketika pada masanya nanti, ilmu yang saya dapat bisa saya terapkan dengan baik. Karena menghadapi anak-anak langsung realitanya memang jauh seperti ekspektasi yang dibayangkan.

b. Mari kita lihat Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

Sejujurnya, checklist yang saya buat masih sangat perlu perbaikan, sementara waktu kemarin sebelum adanya review NHW#2 saya sudah mencetaknya, namun ternyata masih banyak sekali yang perlu di revisi. Hampir 80% daftar yang saya buat di checklist pelan-pelan saya jalani. Yang paling berat bagi saya ada di poin yang berkaitan tentang rutinitas olahraga. Namun Alhamdulillah checklist yang ada membuat saya mengerti bahwa segala sesuatu harus dimulai dari yang paling sedikit terlebih dahulu, kemudian dibiasakan untuk menjadi budaya dan betul sekali checklist ini senantiasa memicu untuk semakin memantaskan diri setiap saat.

c. Baca dan renungkan kembali Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

NHW #3 membuat saya merenungkan si jodoh XD
Maka di NHW #4 ini saya mulai mengerti, memilah dan memprioritaskan apa dan bagaimana caranya saya untuk mengaktualisasikan diri menjadi bermanfaat dan produktif.
Saya akan tetap bertahan untuk mempelajari seputar ilmu parenting. Tentunya, ini akan berjalan optimal ketika hubungan dengan pasangan berjalan dengan baik pula. Oleh karena itu, saya telah memutuskan bahwa saya ingin menjadi support system (sistem pendukung) berjalannya keluarga saya nantinya. Menjadi supporter pertama bagi suami dan menjadi fasilitator penuh untuk anak-anak.
Saya selalu merasa senang ketika melakukan pekerjaan mendesain seputar dunia anak-anak. Dari situlah saya bercita-cita untuk merumuskan, bagaimana saya bisa bermanfaat melalui ranah yang saya senangi. Membuat buku cerita misalnya atau sekedar sounding sederhana yang berisi gambar dan nasehat-nasehat mengenai ilmu parenting yang dibuat melalui desain grafis. Dari proses membuatnya, saya mengalami proses belajar untuk diri sendiri, berusaha menerapkan kepada diri sendiri serta menularkan kepada orang lain. Jika nantinya diizinkan Allah, saya ingin memiliki sebuah yayasan yang di dalamnya dapat memberi banyak ilmu yang dapat di kembangkan dengan teknologi salah satunya desain grafis ini dengan penekanan atau fokus pada anak-anak. Mengayomi anak-anak, memberi beasiswa untuk anak-anak, memberi pembelajaran anak-anak untuk menghasilkan karya melalui bidang teknologi. Karena dalam program studi perkuliahan yang saya ambil Teknik Informatika, semoga ranah ini tetap bisa berkembang meskipun minat yang ingin betul-betul saya dalami adalah ilmu parenting dan pernikahan.

d. Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.
1. Bunda Sayang : Ilmu pernikahan dan ilmu parenting, melihat yang utama adalah saya ingin menjadi support system bagi suami dan anak-anak, untuk dapat mendukung berjalannya peradaban yang baik dari dalam rumah serta menghadirkan generasi kuat
2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri (regulasi emosi ada pada nhw #22) rumah tangga dan parenting
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat ; ilmu perdesainan grafis serta menularkannya ke banyak orang
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang sounding seputar parenting kepada khalayak dan dapat menghasilkan serta mengajak banyak perempuan agar turut serta.

e. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

contoh : Ibu tersebut menetapkan KM 0 pada usia 21 th, kemudian berkomitmen tinggi akan mencapai 10.000 (sepuluh ribu ) jam terbang di satu bidang tersebut, agar lebih mantap menjalankan misi hidup. Sejak saat itu setiap hari sang ibu mendedikasikan 8 jam waktunya untuk mencari ilmu, mempraktekkan, menuliskannya bersama dengan anak-anak. Sehingga dalam jangka waktu kurang lebih 4 tahun, sudah akan terlihat hasilnya.
Perjalanan mengenai tertariknya saya dengan dunia parenting semenjak pertengahan perkuliahan. Saya suka sekali membaca buku-buku seputar parenting dan ilmu-ilmu psikologi. Hingga, program studi perkuliahan Teknik Informatika pun, skripsi yang saya ambil sebagai penelitian dalam dunia anak-anak. Jadi, jika bisa saya cantumkan sebagai bermulanya milestone maka rinciannya sebagai berikut :

KM 0 – KM 16 ( 19 Tahun – 35 Tahun ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang serta Bunda Cekatan
KM 16 – KM 20 (35 Tahun – 39 Tahun ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif
KM 20 – KM ke-sekian ( 39 Tahun – sejauh usia) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Shaleha

f. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

g. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan

Sang Ibu di contoh yang ada pada materi IIP pekan ini merupakan perjalanan sejarah hidup Ibu Septi Peni, sehingga menghadirkan kurikulum Institut Ibu Profesional, yang program awal matrikulasinya sedang di jalankan bersama saat ini.

Sekarang buatlah sejarah anda sendiri. Karena perjalanan ribuan mil selalu dimulai oleh langkah pertama, segera tetapkan KM 0 anda.

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulasi IIP/

Leave a Reply

