Ramadhan #12 : Benih Kebaikan

Kamu pernah bertemu dengan orang-orang yang berada di dalam lingkaran kebaikan?Waktu mereka habiskan dengan menebar benih-benih kebaikan yang pada akhirnya tanpa mereka sadari, kebaikan tersebut akan menjadi penolong-penolong di saat sempit

Satu sama lain saling bertaut, merasa kerdil di hadapan alam semesta karena menyadari bahwa yang membedakan mereka di mata Allah hanyalah perihal ketaqwaan

Mereka sungguh sadar, semua laku di dunia ini hanyalah sementara

Mereka mengerti akan pondasi yang dituliskan di dalam Al – Qur’an bahwa manusia diciptakan untuk dua hal, ibadah dan khilafah. Maka benih kebaikan mereka pilih untuk bertumbuh atas keduanya.

Tetapi, jauh sebelum kebaikan itu menjadi benih. Adakah yang tau darimana benih itu berasal, apa yang menjadikan benih itu berwujud, bagaimana proses yang ditempuh hingga benih itu siap untuk ditebarkan?

Tidak pernah ada yang benar-benar paham kecuali DIA dan benih kebaikan itu sendiri.

Kebaikan demi kebaikan yang dituliskan menuju langit, terus saja ditiup dengan do’a dan diteruskan dengan kebaikan lainnya. Dilakukan oleh siapapun yang dilewati oleh kebaikan itu.

Ada yang merasa takut menjadi baik di mata orang lain, yang melihatnya patuh dengan jilbab panjang, menganggapnya menjaga hanya karna menundukkan pandangan. Ada yang merasa takut menjadi baik di dalam benak orang lain, yang mengajaknya bicara pun hati-hati, apalagi sampai orang lain menjadikan dirinya adalah panutan untuk menyebarkan benih-benih kebaikan.
Dirinya takut ada yang menjadikannya alasan untuk merubah akhlak, dirinya takut dijadikannya tujuan bukan menjadi perantara. Bukan lagi Allah yang menjadi tujuan, bukan lagi Rasulullah yang menjadi panutan. Ia takut ada yang menjadikannya seperti itu.

Semoga segala muara benih kebaikan itu senantiasa di kembalikan kepada-NYA.

 

Tulisan lama, 2015

11 Ramadhan 1438H

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s