Ramadhan #9 : Dua Sisi

Kita tidak pernah bisa membuat semua orang menyukai apa yang kita lakukan. Sekalipun bagi sebagian besar hal tersebut adalah tindakan yang baik.

Karena dalam hidup, kita tidak sedang berusaha memenangkan hati siapapun. Karenanya Allah hadirkan dua sisi ; buruk-baik, kurang-lebih, tua-muda dlsb.

Suatu hari Syifa pernah bercerita pada saya, nilai ujian kakaknya terpampang di papan pengumuman dengan nilai yang Alhamdulillah memuaskan. Hasil jerih payahnya selama ini.

Saat Syifa mencari nama kakaknya, ada seorang teman yang mengatakan bahwa tidak ada gunanya punya nilai bagus. Toh nilai tidak selalu memperlihatkan anak itu pintar. Katanya begitu..

Sebagai adik yang mengerti perangai sang kakak, ia merasa tidak terima kakaknya disinggung didepannya. Ia bersungut-sungut, “Syifa hampir saja marah buk! Sebal sekali rasanya.. Kok gampang menyepelekan hasil kerja keras orang lain, kayak dia bisa aja” ujarnya begitu.

“Kenapa ya buk, harus ada orang yang tidak suka dengan kita… Padahal, kitanya baik aja, kita nggak gangguin dia”

Saya hanya tersenyum, sekian kalinya anak-anak ini membuat saya menyadari banyak hal. Kembali mengoreksi diri.

Saya baru memiliki jawaban, “Lebih baik untuk tidak bersikap sama, lebih baik untuk mendo’akan yang belum baik supaya bisa menjadi baik, lebih baik sabar, lebih baik dihadapi dengan kepala dingin, lebih baik di mengerti anggap saja kita lebih dewasa daripada dia dan masih banyak hal lain yang bisa dilakukan” 😊

Dear Syifa, manusia itu tidak ada apa-apanya. Jangan sampai kamu bergantung pada manusia nak. Manusia bisa khilaf. Manusia tidak ada yang sempurna. Jika di dunia ini kamu masih bisa menemui manusia baik, tentu ingatlah bahwa kamu masih punya DIA yang Maha Baik.

09 Ramadhan 1438H

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s