Ramadhan #7 : Penggerak Hati

Jauh sebelum jatuhnya sebuah keputusan atas diri kita, pernahkah terfikir bahwa semua keputusan tsb ada yang mengatur dan menggerakkan hati.

Manusia dengan manusia yang lain saling memiliki keterkaitan di sebuah lingkaran kehidupan, dunia pekerjaan atau pertemanan. Manusia saling membutuhkan. Saling mendukung satu sama lain.

Maka, manusia yang Allah putuskan untuk menjadi wasilah atau jembatan atas takdir yang kita miliki, ada Allah yang menggerakkan hati manusia tersebut. Jika Allah tak menggerakkan hatinya, bisa jadi kita tidak benar-benar mendapatkan hal yang kini menjadi milik kita.

Sekecil apapun hal itu, jika Allah tak menggerakkan hati makhluknya maka bisa jadi sesuatu yang semestinya bisa terjadi menjadi tidak terjadi.

Tidak bisa jika kita hanya menghakimi seseorang atau sesuatu dari apa yang kita yakini sendiri. Sedangkan semua keputusan yang terjadi di alam semesta ada yang menggerakkan. Tidak bisa manusia merasa, telah mengusahakan sesuatu maka hasil yang didapat itu hanyalah usahanya semata.

Karena ada yang Maha Menggerakkan Hati.

Semoga kita dijauhkan dari perasaan riya’ atas segala pencapaian yang kita raih. Karena ada yang do’a ibu yang terkandung di dalamnya, ada restu bapak yang melancarkan, ada do’a2 anak yatim yang pernah kamu tolong, ada do’a2 orang yang pernah merasa terbantu olehmu.

Surabaya, 020617 07 Ramadhan 1438H

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s