Ramadhan #5 : Mensyukuri

Surabaya hujan beberapa hari ini. Entah hanya gerimis atau hujan deras. Kalimat-kalimat tahmid kembali menjamur di telinga ketika ia datang.

Rasanya seperti oase di tengah pada pasir, karena cuaca disini selalu dominan dengan panasnya.

Di belahan bumi lain, mungkin hujan menjadi hal yang tidak lagi diharapkan kedatangannya. Entah karena ia membawa banjir, membuat hawa sekitar menjadi terlalu dingin atau alasan-alasan lain.

Sepertinya kita lebih banyak mengeluhkan mereka. Panas atau hujan, seolah-olah kehadiran mereka dalam keseharian diabaikan. Jika keduanya datang dengan berlebihan, maka kita akan terbiasa mengutukinya dengan kalimat-kalimat “Kok hujan sih…” atau “Yah, panas banget…”

Kita seolah lupa memaknai bahwa mereka memang telah dipastikan hadir pada saat itu melalui kehendakNya. Tidak mungkin bergeser..sekalipun manusia memiliki kemampuan untuk memperkirakan cuaca.

Saya jadi berfikir, jika mereka diibaratkan seperti manusia. Dua jenis manusia ; hujan dan panas. Hati mereka sering sekali dihujam ketika hadir tidak sesuai dengan apa yang diharap manusia lain.

Padahal kehadirannya menghadirkan manfaat. Mungkin begitulah kita, sering mengabaikan yang lain, ketika apa yang terjadi dalam hidup tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Padahal apa yang baik bagi kita, belum tentu tepat. Bahwa ternyata kadang apa yang menurut kita baik itu tidak baik dan apa yang menurut kita tidak baik itulah yang terbaik.

Kita sering abai memaknai ini. Kita sering mudah sekali mengutuki keadaan tanpa mengerti bahwa sejatinya segala sesuatu yang terjadi di alam luas adalah rencanaNya. Rencana terbaik milikNya.

Saya merenungi. Mungkin saya sering lupa mengerti ini.

Mari kembali refleksi diri. 05 Ramadhan 1438H 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s