Regulasi Emosi Part 1

Prolognya saya isi dengan curhatan XD

Semenjak saya menetap di Surabaya, ada beberapa yang perlu saya sesuaikan kembali dengan kebiasaan-kebiasaan saya sebelumnya. Ngawi sebagai rumah dan Malang sebagai tanah rantau semasa kuliah yang notabene berisikan orang Jawa yang menurut kategori saya (bisa mengimbangi kulturnya). Meski tidak memungkiri ada beragam jenis manusia yang saya temui, secara tidak langsung membuat saya belajar untuk menjadi diri saya sendiri yang mampu diterima.

Nah, hubungan apa yang terjadi dengan judul yang saya tuliskan?

Semenjak saya menginjak tanah Surabaya, seringkali saya menemukan kultur ucapan yang menurut saya berbeda dengan kebiasaan saya dahulu. Obrolan-obrolan yang dilontarkan disini lebih gamblang, kalimatnya lugas dan jujur. Saya sempat kaget dan pelan-pelan menyesuaikan diri mengingat kebiasaan saya lebih sedikit pelan dan berbasa-basi πŸ˜€

Beberapa pekan di awal, sempat terasa sulit. Lingkaran pertemanan yang ingin saya bangun di tempat baru serasa melelahkan, menyebalkan. Saya yang tidak terbiasa dengan suara-suara keras, menjadi mudah sekali mellow dan menganggap perkataan yang biasa saja di telinga saya menjadi terdengar kasar. Di awal saya terbiasa menangis kaget wkwk tapi saya bersyukur ini semua adalah step yang harus dilewati untuk semakin mengerti keberagaman jenis orang.

Dan hikmah yang saya ambil dari sini, saya mewanti-wanti diri sendiri untuk tidak sembarangan melontarkan pendapat, berkata seenak jidat dan hal-hal sejenis yang pernah saya anggap tidak ramah.

Lanjut ke part 2.

Semua tulisan tidak lain adalah sebagai pengingat diri πŸ™‚

Surabaya, 23 Mei 2017

Imagesource : Tumblr
Leave a Reply

