Evaluasi

Usai libur sekolah yang panjang, 2 hari yang lalu adalah hari pertama masuk sekolah. Dari sederet pekerjaan yang dibayar , dua hal ini adalah bagian pekerjaan yang selalu saya nantikan. Yaitu menyiapkan pembelajaran anak-anak dan bertemu dengan mereka. Pasca UAS saya mengevaluasi diri dari nilai-nilai yang mereka berikan.

Saya sangat menyadari masih terdapat kekurangan di sana-sini, saya masih dalam tahap belajar sembari mengajar, saya masih dalam tahap dididik sembari mendidik.

Mendidik adalah proses sepanjang hayat, seperti kata kerja lainnya serupa belajar, bertumbuh, berproses, sabar, ikhlas, memahami dan seabrek kata kerja positif lainnya.

Ternyata setelah di evaluasi, saya masih seringkali mengedepankan ego. Mengusahakan untuk bagaimana mereka bisa memahami apa yang saya sampaikan, berhasil mengerjakan soal-soal yang ada, dan nilai baguslah yang terpampang di buku-buku milik mereka. Saya masih takut kalau orangtua merepresentasikan kemampuan anak-anak melalui nilai yang ada di buku atau rapot mereka. Saya masih takut kalau nilai mereka jelek itu berarti saya gagal dalam menyampaikan pembelajaran. Sesungguhnya mendidik adalah jauh dari itu.

Anak-anak tidak berhak untuk didiskreditkan dalam angka-angka tersebut. Karena mereka tumbuh dengan kemampuan masing-masing. Selama ini saya abai dalam memperhatikan seberapa berusahanya mereka dalam menyetarakan kemampuan. Itu mungkin luput dari perhatian saya, itu artinya saya masih egois dalam melaksanakan kewajiban.

Mungkin itu nantinya akan menjadi pengikis keikhlasan saya dalam mengajar dan mendidik, dan itu tidak boleh dibiarkan berlarut. Saya harus tata ulang niat, yang perlu saya usahakan hanyalah melakukannya dengan sebaik mungkin, urusan nilai yang akan mereka dapat katakan saja itu bonus 🙂

Leave a Reply

