[Ramadhan 07] Rasa Cukup

Ada yang ingin terus bercahaya seperti matahari. Menjadi satu-satunya pusat energi cahaya yang diakui seantero jagat. Namun ia lupa bahkan manusia tak mampu melihat matahari dengan mata telanjang

Semakin usia menambahkan jumlahnya, yang sejatinya jatah hidup di dunia ini semakin berkurang. Saya merenungi satu hal setelah mengamati banyak orang ‘dewasa’ dalam artikata bukan hanya umurnya yang mendewasa namun juga sikap dan kepribadiannya.

Ketika ego bukan lagi alasan untuk menghalangi banyak hal dilakukan. Satu hal yang ingin menjadi patokan selama menjalani aktifitas sehari-hari, yaitu rasa cukup!

Sering kita mendengar bahwa seberapapun banyaknya materiil yang kita punya, jika kita tidak pernah merasa cukup dia memang hanya akan menjadi bumerang. Pun seberapapun banyaknya hal-hal bersifat keduniawian yang kita agung-agungkan dan tidak pernah merasa cukup.. maka semuanya hanya akan menjadi bumerang bagi kehidupan.

Lhawong asline, urip mung mampir ngombe (re : Lhawong hidup cuma mampir minum)

Seringkali saya menemui, bahkan saya kecil pernah mengalami hal yang sama. Ketika puasa kita akan memiliki banyak sekali angan-angan untuk menu berbuka. Melihat jajaran kampung ramadhan yang menjajakan segala jenis ta’jil dan menu makanan. Syerakah 😦 astgahfirullah

Namun semakin kesini, kita akan semakin diberi pemahaman oleh Allah seiring waktu bahwa segala sesuatu yang berlebihan akan menghasilkan yang tidak baik. Maka cukupkanlah.

Seringkali saya menemui, bahkan saya pernah seperti itu. Ketika puasa romadhon menjadi alasan untuk berlama-lama tidur karena alih-alih tidur=ibadah. Namun sekarang ketika menjadi tidak produktif, saya sering merasa kesal sendiri. Menggerutu disana-sini.

Semua itu tidak bukan karena kita semakin paham bahwa segala sesuatunya perlu dicukupkan. Umur kita yang semakin mendewasa pun akan menyadari bahwa untuk bermain-main, untuk membuang-buang waktu adalah hal yang harus dicukupkan.

Maka dari itu, mari kita koreksi pelan-pelan. Mana yang perlu kita prioritaskan untuk dicukupkan, karena semua sudah ada porsinya.

alvinareana, 07 Romadhon 1437H, 120616

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s