[Ramadhan 04] Berjuang Baik

Aku ingat, dia punya banyak sekali mimpi sewaktu kecil

Aku ingin seperti ini dan itu, ujarnya

Kemudian ia semakin mengerti bahwa untuk menjadi ini dan itu memerlukan perjuangan yang tidak sederhana

Dini hari, ia bercerita padaku. Perjuangan seorang anak tidak pernah lepas dari perjuangan orang tuanya. Kini ia telah beranjak dewasa. Sudah banyak rasa yang ia lalui.

Langkahnya sudah jauh, tapi entah dengan hatinya. Semoga telah benar-benar mendewasa seperti aku mengenalnya saat ini.

Ia hanya bercerita ;

Aku belum pernah menemui, seorang anak yang berjuang baik sendirian. Dibalik keberhasilannya pasti ada orang tua yang mendukung. Pasti ada orang tua yang memberi pundak di setiap lelahnya. Pasti ada orang tua yang siap menemani ketika ia menangis.

Tapi, tidak semua anak bisa meminta orang tua seperti apa yang melahirkannya. Seperti yang ia harapkan atau tidak. Akan menemaninya berjuang atau tidak. Bagaimana cara memperjuangkan dirinya.

Yang aku tahu, aku belum pernah mengetahui bentuk perjuangan orang tuaku untuk menjadi baik. Kecuali dalam bentuk materi. Mereka berusaha memenuhi setiap jengkal penghidupanku. Tapi bukan batinku.

Selesai mengatakan itu, ia diam. Ia tidak menangis. Tetapi ada yang tertahan di balik bola matanya. Sepi. Sepi yang paling tepi. Sepi yang belum pernah hadir dalam kehidupanku.

Aku mengenalnya sebagai teman baik, saat kami memasuki masa kuliah, ia teman sebangkuku. Beberapa hari yang lalu, ia mengakui tentang masa lalunya padaku. Penerimaan ternyata memang tidak mudah. Aku pernah kecewa dengan masa lalunya. Pernah pergi dan tidak menganggapnya lagi akan menjadi baik.

Namun, melihatnya berdiri tegar dan berlari sejauh ini. Menjadi baik dan terus menjadi baik. Aku percaya. Dia sungguh-sungguh berjuang.

Yang sering ia katakan “Aku tidak akan membiarkan orang-orang disekitarku merasakan hal yang sama. Aku akan berusaha, tidak membiarkan kebaikan berjuang seorang diri :)”

Dalam fiksi. alvinareana, 04 Romadhon 1437H, 090616

Leave a Reply

