[Ramadhan 03] Tabayyun

Pagi hari ini di salah satu grup whatsapp sedang ramai membahas ada sebuah sepeda motor yang mengalami pecah lampu belakang, parah dan tanpa sebab.

Informasi yang dikumpulkan pun setengah-setengah. Memang mustahil jika dilakukan oleh manusia, pasalnya ada salah seorang yang mendengar suara keras yang diduga bermula dari motor tersebut pada pukul 1 dini hari.

Saya hanya mengikuti perkembangan sebatas dari grup, karena tidak tau menau kondisi di tkp sekarang seperti apa. Namun saya menjadi berfikir panjang sekali dengan adanya kejadian ini.

Dibuatlah sebuah permisalan.

Jika yang sedang dibahas ini merupakan berita yang mengandung unsur negatif, namun redaksi belum lengkap. Bukankah sebaiknya kita tidak menjadi perantara penyebar berita burung yang belum jelas kronologisnya. Kita perlu berhati-hati pada titik ini. Karena tidak semua penerima berita adalah orang yang selektif dalam menerima. Tidak semua memiliki kemampuan filtering yang bagus.

Saya tiba-tiba merinding, kalau-kalau yang dibahas tersebut adalah diri saya atau saya terlibat dalam pencampuran kata demi kalimat dalam berita yang belum jelas kabarnya itu. Dari huruf-huruf yang ditambah dan dikurangi sudah berapa persen dosa yang saya tabung? Naudzubillah
Pun jika apa yang saya katakan atau pendapat yang saya ungkapkan mempengaruhi pendengar yang kemudian menjadikan dirinya sepemahaman dengan saya 😦
Tidak hanya meracuni diri sendiri tapi juga orang lain yang bisa jadi ia tidak tau urusan serumit apa ini.

Jika perkataan bisa sebegitu tajamnya, tidak luput dengan tulisan pula kan?

Maka dengan tulisan dan reminder ini, saya memohon maaf atas segala yang pernah saya katakan atau tuliskan. Jika ada yang mengandung unsur yang bisa menciptakan benih-benih dzolim dan sejenisnya. Semoga kita senantiasa diberikan ridho Allah dalam setiap langkah.

Mari kita tabayyun dengan apa saja yang bukan menjadi kuasa kita. Mari terus mengkoreksi diri.

Selamat menjalankan ibadah puasa.

alvinareana, 03 Romadhon 1437 H. 080616

Leave a Reply

