Syifa (4)

CIMG5917Syifa : Ibuk, Syifa inget kemarin pernah bikin nangis Dita dikelas.

Ibu : Tapi udah minta maaf belum nduk?

Syifa : Syifa gak sengaja bikin sobek buku Dita yang harus dikumpulin sama bu guru. Trus Syifa udah minta maaf kok buk. Udah lama juga kemaren-kemaren. Tapi kenapa ada temen Syifa yg masih ikut-ikutan marah sama Syifa?

Ibu : terus gimana nduk? Masih ada yg mau diceritain ke ibuk? 🙂

Syifa : Syifa udah ganti bukunya Dita, trus Syifa tanya apalagi yg harus Syifa ganti biar Dita maafin. Alhamdulillah Dita maafin Syifa. Tapi…
*kemudian Syifa menunduk di pangkuan ibu*

Ibu : Sayang, nggak semua orang bisa berlaku seperti apa yg kita pikirkan dan harapkan. Belum tentu semua orang bisa nerima permintaan maaf yang kita ucapkan ke dia. Karena memaafkan juga butuh proses nduk. Tidak langsung ujug-ujug. Pasti butuh waktu, pasti. Maka dari itu, disitulah letak pengertian. Karena semua orang tidak sama prosesnya, jadi kita yang harus lebih ngerti dan legowo. Juga kalau ada yang merasa gak suka sama Syifa, dengan apapun yang Syifa lakukan. Kita pasti pernah merasakan sakit hati, sedih dan lain-lain.

Dengan begini Syifa jadi tau kan bagaimana rasanya dijauhi dan temen-temen jadi gak percaya. Jadiiii, nantinya anaknya ibuk ini nggak bakalan bikin orang lain ngerasain hal yang sama kayak yg Syifa rasain sekarang. Syifa akan jadi orang yang gak suka kalau lihat orang lain sedih, kecewa, sakit hati.

Satu lagi, apapun yang Syifa lakukan itu bukan karena biar dilihat banyak orang, biar dikenal banyak orang, atau biar orang itu suka sama Syifa dll. Tapi Syifa boleh melakukan apa sajaa asal tau itu nantinya buat siapa, akan seperti apa jadinya kalau sudah dilakukan, baik atau enggak. 😊

Syifa, 7 y.o

Dalam fiksi. H-3 Ramadhan. alvinareana, 030616

Dokumentasi foto Fragmen Pengabdian Masyarakat, Donomulyo 2013

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s