Afnan (3)

Afnan : Ibuk, apa betul setiap anak pasti punya sesuatu yang bisa dibanggakan. Afnan yakin pasti Afnan juga punya.

Ibu : Kok bisa kepikiran itu le?

Afnan : Afnan sedih aja denger temen-temen kalau ada yang nyeletuk bilang “Emang aku bisa apa?” , “Tuh lihat, kadang-kadang nilai ulanganku matematika bagus tapi juga banyak jeleknya. Kan gak jadi bangga”

Ibu : Terus yang Afnan rasakan apa?

Afnan : Yaaa Afnan pernah ngerasain hal yang sama, pernah sedih kalau-kalau ternyata apa yang Afnan usahakan itu belum bisa buat ayah sama ibuk bangga. Tapi kalo pas Afnan tau ayah dan ibuk bisa bangga karna suatu hal yang Afnan lakukan, Afnan jadi tenang *kemudian senyum simpulnya nampak*

Ibu : Diatas langit masih ada langit nak. Manusia akan selalu merasa kurang itu wajar. Apalagi dengan hal-hal yang bersifat duniawi.
Ayah udah sering ingatkan kita kan? Selalu bersyukur dengan apa yang kita punya sekarang dan jangan cepat merasa puas jika itu menyangkut dengan belajar. Jangan pula terlalu dalam merasa bangga, nanti jadinya apa?

Afnan : Jadi riya’ kan buk? Kadang Afnan juga takut kalo ngecewain ayah sama ibuk

Ibu : Salah pun itu manusiawi le, insyaaAllah ayah sama ibuk pasti berusaha untuk mencari tahu dulu kenapa Afnan kurang maksimal melakukan ini dan itu. Setelah tahu kenapa alasannya, kita sama-sama belajar. Kita harus sama-sama saling mengingatkan, disini letaknya yang kurang, disini letaknya yang harus diperbaiki dan yang namanya salah itu harus diminimalisir supaya tidak diulangi πŸ™‚

Afnan sudah yakin kalau setiap anak pasti punya sesuatu yang bisa dibanggakan. Ibuk udah bangga dengan Afnan bisa berfikir begitu. Itu artinya Afnan selalu husnudzon sama Allah

Afnan : Jadi kalau temen-temen Afnan ada yang ngerasain sedih begitu apa yang harus Afnan lakukan buk?

Ibu : Sebagai sesama muslim, wajib bagi kita untuk saling mengingatkan yang salah dan mengajak dalam kebaikan

Jadi Afnan udah tau kan le apa yang harus dilakukan?
InsyaaAllah Afnan tau dan harus melakukannya, ibukku sayang” *dalam hati*

Afnan, 12 y.o

Dalam fiksi. h-4Ramadhan. alvinareana, 020616

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s