Al Israa : 7

Assalamu’alaikum.

Seminggu terakhir saya mencoba lebih introspeksi diri, mengingat – ingat bagian mana yang mungkin saya lewatkan. Tentang waktu sholat, tentang sikap, tentang perkataan, dan lain sebagainya. Pasalnya, seminggu ini pula banyak kejadian random yang membuat saya menyimpulkan pada ujung pemahaman yaitu “Ada yang perlu diperbaiki”

“Jika kamu berbuat baik, berarti kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka kerugian kejahatan itu untuk dirimu sendiri..” QS. Al Israa : 7

Asumsi jahat disini bukan saya bangun sebagai sebuah kondisi yang identik dengan perbuatan kriminal (ex : mencuri, menodong, dkk :D) akan lebih memberi highlight pada topik “baik”.

Saya bersyukur ini pasti adalah rangkaian peringatan yang Allah berikan untuk lebih hati-hati lagi dalam berbuat. Kita tidak pernah tau dan bisa menafsirkan sepihak hanya dari beberapa kejadian yang menimpa kita bukan? Tapi, setidaknya kejadian-kejadian tersebut membangun anggapan kita bahwa Allah telah merancang sebaik-baiknya takdir. Lantas tidak pula kita bisa men-judge orang lain bahwa kamu mendapat musibah ini, karena kamu lalai pada Allah, blabla. Jangan.

Cukup asumsi itu kita bangun untuk diri sendiri, untuk mengawasi sejauh mana kita menjalankan perintah yang Allah berikan dan sejauh mana kita lalai, dan saya sedang pada titik tersebut. Anyway it’s not easy, but i must behave.

Wallahu ‘alam

Malang, 02 April 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s