Al Israa : 7

Assalamu’alaikum.

Seminggu terakhir saya mencoba lebih introspeksi diri, mengingat – ingat bagian mana yang mungkin saya lewatkan. Tentang waktu sholat, tentang sikap, tentang perkataan, dan lain sebagainya. Pasalnya, seminggu ini pula banyak kejadian random yang membuat saya menyimpulkan pada ujung pemahaman yaitu “Ada yang perlu diperbaiki”

“Jika kamu berbuat baik, berarti kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka kerugian kejahatan itu untuk dirimu sendiri..” QS. Al Israa : 7

Asumsi jahat disini bukan saya bangun sebagai sebuah kondisi yang identik dengan perbuatan kriminal (ex : mencuri, menodong, dkk :D) akan lebih memberi highlight pada topik “baik”.

Saya bersyukur ini pasti adalah rangkaian peringatan yang Allah berikan untuk lebih hati-hati lagi dalam berbuat. Kita tidak pernah tau dan bisa menafsirkan sepihak hanya dari beberapa kejadian yang menimpa kita bukan? Tapi, setidaknya kejadian-kejadian tersebut membangun anggapan kita bahwa Allah telah merancang sebaik-baiknya takdir. Lantas tidak pula kita bisa men-judge orang lain bahwa kamu mendapat musibah ini, karena kamu lalai pada Allah, blabla. Jangan.

Cukup asumsi itu kita bangun untuk diri sendiri, untuk mengawasi sejauh mana kita menjalankan perintah yang Allah berikan dan sejauh mana kita lalai, dan saya sedang pada titik tersebut. Anyway it’s not easy, but i must behave.

Wallahu ‘alam

Malang, 02 April 2016

Leave a Reply

