Berburu Pekerjaan

Terhitung sejak tanggal 06 Agustus 2015, saya telah resmi menjadi lulusan Teknik Informatika UIN Malang. Hal yang saya lakukan sejak satu minggu setelah sidang skripsi adalah berburu pekerjaan, mengikuti job fair kesana kemari, berlangganan email dari situs-situs lowongan pekerjaan.

Mungkin, lebih dari 30 surat lamaran yang saya kirim berupa dokumen maupun via email. Serta beberapa kali mengikuti jobfair yang alhamdulillah membuahkan hasil. Masa-masa itu benar-benar menjadikan kesempatan untuk saya bisa sembari jalan-jalan hehe. Meskipun seorang diri, tetapi banyak sekali pengalaman yang saya dapat dari perjalanan yang belum membuahkan hasil ini.

Menjadi hectic karena ketika itu pernah, saya berada di pelosok Malang Selatan di tempat pengabdian saya dahulu tiba-tiba masuklah sebuah telfon yang mengharuskan saya tiba di Surabaya besok pagi pukul 07.00 untuk mengikuti interview, selama di perjalanan bertemu dengan banyak orang, pun beberapa kali harus jalan kaki agar menghemat pengeluaran ketika mencari alamat perusahaan yang saya tempati untuk tes. Sungguh semuanya pasti tidak pernah ada yang sia-sia 🙂

Disini, izinkan saya bercerita tentang pengalaman melalui beberapa tahap tes interview dan kawan-kawannya. Beberapa perusahaan yang pernah saya ikuti ;  Togamas Group, PT. Gudang Garam, PT. Astra, PT. Infomedia Solusi Humanika, kemudian Diva Press dan masih banyak lainnya. Semuanya hanya bertahan hingga tahap seleksi ketiga, pada sesi tes yang berkaitan dengan jobdesc atau posisi yang diambil.

Sebagai ulasan yang lebih panjang, akan saya ceritakan bagaimana jatuh bangunnya berburu nafkah untuk menyambung hidup *heleh :D* ketika mengikuti tes di PT. Gudang Garam dengan lamaran posisi sebagai Staff IT.

Pada kebanyakan perusahaan tahapan tes terdiri dari maksimal 6 poin yaitu tes interview, psikotes, tes potensi, fgd (focus group discussion), yang terakhir saya lupa hehe 😀

Siang itu, bertempat di lantai 5 PT. Gudang Garam yang terletak persis di depan Terminal Bungurasih, saya memutuskan untuk sekalian melakukan perjalanan pulang ke Malang setelah tes itu usai.

Pertama ketika kita dihadapkan dengan tes interview, ada 5 poin pokok yang menurut saya akan sering di tanyakan oleh interviewer. 

  1. Apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini? Usahakan sebelum anda melakukan interview, sedikit banyak anda harus mengerti seluk-beluk perusaahaan tersebut, apa saja produk yang dihasilkan, berapa lama perusahaan ini berdiri, kepo lebih baik!
  2. Apa yang dapat anda berikan untuk perusahaan ini , jika anda diterima? Berikan jawaban yang mengandung nilai jual, tetapi jangan terkesan sombong dan sok bisa. Berikan poin-poin jawaban yang bernilai positif dan kontributif
  3. Apa yang membuat perusahaan harus menerima anda sebagai bagian dari perusahaan ini? Saya rasa jawaban ini tidak jauh beda dengan jawaban yang anda berikan di pertanyaan kedua.
  4. Gaji berapa yang anda harapkan ketika anda diterima disini? Hati-hati ini merupakan pertanyaan menjebak, berikan jawaban gaji yang akan anda terima adalah sesuai dengan apa yang telah anda kerjakan untuk perusahaan.
  5. Apa yang anda cari dari pekerjaan ini? Jangan menjawab bahwa anda mencari pengalaman, karna bagi interviewer anda akan dianggap hanya mencari pengalaman semata, setelah itu anda di orientasikan meninggalkan perusahaan setelah anda cukup merasa mendapatkan pengalaman.
  6. dan yang terakhir … adalah… ceritakan tentang diri anda. Pada pertanyaan ini ceritakan seperluanya saja, singkat dan jelas. Ceritakan di tahun-tahun terakhir kehidupan anda, ceritakan tentang jenjang pendidikan anda.

 

Tahap kedua adalah psikotest, pada fase ini perusahaan memiliki kebijakan masing-masing. Saya sempat beberapa kali melalui model psikotest yang berbeda ada yang menggunakan Tes Krapelin, Tes Logika Algoritma, Tes Warteg dan masih banyak lainnya. Silahkan di googling sendiri yaw! 😀

Selanjutnya pada tahap ketiga ini, biasanya perusahaan telah menyiapkan soal-soal yang berkaitan dengan jobdesc atau posisi dimana anda melamar. Maka persiapkan masing-masing ya!

Kiranya seperti ini dulu yang bisa saya tuliskan dan ceritakan. Semoga bermanfaat dan do’akan saya mendapat pekerjaan yang baik 🙂 amiiin

 

Leave a Reply

